Apakah negara menjamin hak atas pangan bagi masyarakat yang rentan selama situasi pandemi?

Source: RHTO Facebook page: https://www.facebook.com/photo?fbid=765698574064388&set=pcb.765700357397543

Pemerintahan defakto telah melalui transisi persaingan kekuasaan dan legitimasi politik seiring dengan wabah COVID-19 yang terjadi pada bulan Maret 2020. Meski isu seputar siapa yang memimpin siapa yang berhak membentuk kabinet pemerintah, lambat laun bukan lagi menjadi isu yang menarik perhatian publik ditengah situasi krisis seperti ini. Namun, para aktor negara dalam pemerintahan saat ini tampaknya masih khawatir untuk mempertahankan kekuasaannya dalam memimpin pemerintahan ini.

Efek persaingan dan permainan politik (political game), khususnya persaingan antar kelompok kepentingan politik secara klise masih bersama-samar menghantui pemerintah defacto. Pada saat yang sama, 12 bulan yang lalu, publik dan warga negara ter-distorsi oleh retorika politik dari beberapa kebijakan baru yang kontroversial yang menimbulkan kemarahan publik,misalkan beberapa rancangan undang-undang yang kontroversial, larangan dan kontrol terhadap hak untuk melakukan manifestasi dan beberapa aktivitas yang dianggap mengganggu ketertiban dan protokol COVID-19 pada saat itu di-kontol secara ketat.

Terlepas dari permainan politik yang telah dimainkan sejak tahun lalu, masyarakat, terutama keluarga berpenghasilan rendah, keluarga miskin dan wira-swasta di pekerjaan non formal, dan kelompok marjinal seperti penyandang disabilitas, adalah kaum yang berada pada posisi Peripheral, mereka benar-benar telah dua kali lipat menghadapi dampak COVID- 19 wabah dalam hidup mereka. Pengalaman pahit tahun lalu dihadirkan dengan situasi yang lebih ekstrim pada tahun ini.

Sistem lock-down yang diterapkan di seluruh wilayah Timor-Leste telah mempengaruhi kehidupan masyarakat secara dramatis. Orang-orang kaum rentan dan mahasiswa mengalami kelaparan; mereka tidak lagi memiliki stok makanan untuk berlangsung hidup, apalagi siswa yang menggantungkan hidupnya dari pendapatan keluarga mereka, pada saat ini tidak dapat bertahan. Konon, dengan sikap apatis, pemerintah belum meres-pon kondisi ini secara serius. Bahkan pada momen sekarang, dalam beberapa berita di media nasional telah melaporkan bahwa salah satu wanita bunuh diri karena dia tidak menahan lapar.

Banyak keluarga yang akan mati karena kelaparan, namun para anggota pemerintahan dengan tegas, dengan pernyataan arogan seolah-olah mereka tidak percaya bahwa orang-orang kelaparan.Hampir setahun, konsekuensi dari kebijakan COVID-19 dan sistem lockdown di negara keci lini, seharusnya pengalaman pahit ini memberikan pelajaran yang efektif kepada kita untuk lebih dewasa dalam membuat kebijakan publik yang adil dan strategis, terutama Kebijakan untuk mengantisipasi semua konsekuensi negatif dari lock-dwon dan regulasi COVID-19.

Kita semua menyaksikan orang-orang menderita, pada saat yang sama terdapat aksi solidaritas Timor-Leste yang telah segera menyelamatkan sesama warga Timor yang menderita, mereka dengan cepat memberikan dukungan kemanusiaan dalam bentuk sembako yang telah disalurkan oleh individu kelompok, organisasi, yang pada umumnya adalah aktor non-negara. Sementara, pemerintah di sibuk-kan dengan persoalan prioritas lainnya di tengah rakyat berjuang melawan kelaparan, berjuang untuk bertahan hidup.

Tetapi para politisi tampaknya tidak memikirkan apa yang tampak terjadi di depan mereka. Sudah terlambat bagi pemerintah untuk bertindak, persis seperti tahun lalu, kebijakan yang diambil maupun tindakan yang begitu lamban telah berdampak besar pada kehidupan masyarakat.Lantas, penerapan prinsip kebijakan COVID-19 dengan pedoman dan protokol hak asasi manusia di kemanakah? Apakah pemerintah menjamin hak untuk hidup bersamaan dengan penerapan kebijakan lock-down terhadap kehidupan warga negara?

Published by Celso Da Fonseca

I'm just a dreamer who enjoys my freedom. Freethinker, free writer, and free dream.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: